2nd ALEPO 2024 : PBA UMM KEMBALI GELAR LOMBA KEBAHASAARABAN TINGKAT NASIONAL TRANSFORMASI 7th ALAFEST

Senin, 04 Maret 2024 02:54 WIB

PBA UMM News – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab bekerjasama dengan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang kembali mengadakan Al-Arabiyah Festival Expo (2nd ALEPO) transformasi dari 7th Arabic Language Festival (ALAFEST) pada hari Senin-Selasa, 4-5 Maret 2024 bertempat di Gedung Kuliah Bersama (GKB) 2 & 4 dengan mengusung tema “Eksistensi dan Implikasi Bahasa Arab di Era Digital”.

ALEPO tahun ini diikuti oleh 168 peserta dari berbagai universitas dan Sekolah Menengah Atas atau sederajat dengan skala nasional yang terbagung dalam berbagai lomba yang diadakan oleh panitia. Adapun lomba tingkat mahasiswa meliputi Debat Bahasa Arab dan Ghina’ ‘Arabiy. Sedang lomba tingkat SMA/MA Sederajat meliputi Qiro’atul Qutub, Qiro’atul Syi’ir, Khitobah, Olimpiade Bahasa Arab, dan Kaligrafi.

Hari pertama diadakan pembukaan yang dibuka oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Syamsul Arifin, MA sekaligus pemotongan tumpeng dalam rangka milad prodi PBA UMM yang ke-10 tahun. Yang kemudian dilanjutkan dengan talkshow. Pada siang harinya dilanjutkan dengan lomba-lomba hingga hari kedua. Pada sore hari diadakan penutupan oleh Wakil Dekan III Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang Imamul Hakim, SE., M.Sy.

Selain lomba-lomba yang diadakan tersebut, 2nd ALEPO juga masih menyuguhkan bazar-bazar yang menjual beraneka ragam makanan ringan dan berat, total terdapat 19 tenant yang ikut serta dalam memeriahkan 2nd ALEPO 2024 ini. Semoga tahun depan ALEPO bisa terus berlangsung dengan baik, amin. [ATy]  

Shared: