MAHASISWA PRODI PBA UMM SABET MEDALI EMAS DAN PERAK DALAM KEJUARAAN MTQ

Senin, 02 April 2018 22:21 WIB  

PBA UMM NEWS - Riuh gemuruh sorak-sorai dan tepuk tangan penonton menjadi saksi para jawara-jawara Musabaqah Tilawatil Qur’an di ajang tahunan Rector Cup Universitas Muhammadiyah Malang, yang mewarnai penutupan acara lomba tersebut. Acara ini digawangi oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Musabaqah Tilawatil Qur’an (UKM MTQ) yang dilaksanakan dalam kurun waktu tiga hari, dari hari jum’at hingga ahad (30, 31 Maret, 1 April 2018) bertempat di aula SC lantai 3 Gd. Student Center dan aula masjid lantai 2 Gd. AR. Fachrudin. Acara ini diikuti oleh perwakilan mahasiswa strata satu dari 11 Fakultas di 35 Prodi yang ada di lingkungan Universitas Muhammadiyah Malang. Betapa prestisiusnya, kegiatan lomba-lomba yang diadakan oleh UKM-UKM di lingkungan Universitas Muhammadiyah Malang ini nantinya akan memperebutkan Piala Rektor berdasarkan akumulasi poin juara yang telah didapatkan di setiap bidang lomba, seperti bidang olahraga, kesenian, penalaran dan agama, serta bidang lainnya.

Pada ajang MTQ tahun ini, mahasiswa dari prodi Pendidikan Bahasa Arab turut menyumbang Medali Emas dalam cabang Musabaqah Debat Al-Qur’an Berbahasa Arab (MDBA) dan Medali Perak pada cabang Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ). Menurut Fajar dan Romli “alhamdulillah kami bisa berkontribusi menyumbang dalam kemenangan kemarin”, dan mereka berharap bahwa kemenangan ini bisa menjadi motivasi dan menggugah semangat bagi teman-teman yang lainnya untuk turut serta dalam berbagai event yang ada.

  

Adapun peserta lomba prodi Pendidikan Bahasa Arab yang menjuarai MTQ dari cabang  MDBA adalah Muhammad Romli, Maghfiratun, Fabilla Nimas W.U yang ketiganya angkatan 2016. Sedangkan untuk lomba MHQ yaitu Muhammad Fajar Cahyautama juga berasal dari angkatan yang sama.

Yang tidak kalah menarik bahwa Fakultas Agama Islam (FAI), fakultas yang menaungi empat prodi yakni Pendidikan Agama Islam (PAI), Akhwal As-Syakhsiyah (AS), Ekonomi Syariah (ES), dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA), di daulat menjadi JUARA UMUM pada perhelatan akbar UKM MTQ dalam ajang Rector Cup tahun 2018.

Menurut Anisatu Thoyyibah, S.Hum, M.Hum, turut senang dengan prestasi yang ditorehkan mahasiswa-mahasiswi FAI terlebih khusus para mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Arab, “bahwa prestasi itu tidak melulu soal akademik tetapi non akademik juga perlu terus ditingkatkan”, ujar dosen PBA yang sekaligus salah satu pembina dan dewan juri di cabang MTQ. Hal senada juga dipaparkan Moh. Fery Fauzi, S.Pd., M.Pd.I, dosen PBA yang juga salah satu pembina di cabang MTQ, bahwa kemenangan ini patut disyukuri “ini suatu hal yang luar biasa juga karena disetiap nomer kita menyabet nomer dan juara”. Ke depan tim FAI akan lebih dipersiapkan untuk mengikuti seleksi kafilah fakultas di tingkat universitas serta bisa mewarnai seleksi di tingkat universitas dan bisa mewakili universitas di MTQ tingkat regional maupun nasional.

Berikut pemerolehan juara lomba MTQ dalam ajang Rector Cup 2018 - Fakultas Agama Islam: Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ) juara 3, Muasabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) juara 1 dan 2, Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) juara 2 kategori putra, Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ) juara 3, Muasabaqah Khattil Qur’an (MKQ) juara 1, Musabaqah Tartil Qur’an (MTrQ) juara 3 kategori putra, dan Musabaqah Debat Al-Qur’an Berbahasa Arab (MDBA) juara 1. [ATy]

Shared: