PELATIHAN SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW BERBASIS IA BAGI PARA DOSEN PBA UMM – SIAPA TAKUT!

Minggu, 01 September 2024 00:47 WIB

PBA UMM NewsArtifical Intellegence (AI) atau kecerdasan buatan, sepertinya sudah menjadi habbit bagi masyarakat di seantero dunia, begitu juga di Indonesia. Namun adanya AI juga bisa mempermudah dalam melakukan aktivitas terutama dalam bidang pendidikan.

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang menggelar peatihan Systematic Literature Review (SLR) berbasis IA bagi para dosen di lingkungan PBA FAI-UMM. Kegiatan pelatihan diadakan di Working Space Dormy Hostel UMM (30/8).

Pelatihan ini mendatangkan pemateri dosen dari prodi Pendidikan Biologi UMM yaitu Dr. Husamah, S.Pd., M.Pd.

Systematic Literature Review dalam bahasa Indonesia disebut dengan (tinjauan pustaka sistematis) merupakan sebuah metode literature review yang mengidentifikasi, menilai, dan menginterpretasikan seluruh temuan pada sebuah topik penelitian untuk menjawab pertanyaan penelitian atau research question yang telah ditetapkan sebelumnya (https://romisatriawahono.net/2016/05/15/systematic-literature-review-pengantar-tahapan-dan-studi-kasus).

Tidak hanya mengkaji sistematikanya saja, melainkan pelatihan ini juga membahas tentang penggunaan aplikasi Biblioshiny atau Bibliometrix yang setara dengan VOSviewer yang terintegrasi oleh laman Scopus dan memanfaatkan ChatGPT dalam mengolah State of The Art (rancangan penelitian yang unik dan terperinci yang dibandingkan dengan penelitian terdahulu).

Semoga dengan adanya pelatihan ini, menambah dan mengupgrade skill para dosen dalam teknis kepenulisan berbasis AI. [ATy]  

Shared: