BAHASA ARAB & CUAN : PBA UMM GELAR KULIAH PERDANA DUNIA KONTEN

Senin, 18 September 2023 11:00 WIB

PBA UMM News – Tahun ajaran baru semangat baru, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang adakan kuliah perdana semester ganjil 2023-2024 untuk semua angkatan 2020-2023 yang bertajuk “Bahasa Arab dalam Dunia Konten”. Kegiatan tersebut diadakan di Meeting Hall Kapal Garden Hotel Sengkaling UMM yang berada di lantai 3 (18/9). Kegiatan ini dibuka oleh wakil dekan II FAI Dr. Saiful Amien, M.Pd “Bahasa Arab merupakan bahasa surga, sehingga orang belajar bahasa Arab setidaknya punya tiket untuk masuk surga”, ucap wadek II.

Kaprodi PBA juga menambahkan dalam sambutannya “ke depan, PBA UMM akan menambah magang sembari umroh, dan visiting class atau student exchange ke universitas yang ada di negara Brunei Darussalam. Adapun program magang reguler, internasional, dan CoE masih tetap dilakukan. Oleh karenanya mahasiswa PBA UMM harus siap untuk berkompetisi”, ujar Firdaus.

Kuliah perdana semester ini diisi oleh Muh Faruq, M.Pd.I (Youtuber Pembelajaran Bahasa Arab) dan Rahadi, S.Sos., M.Si (Membuat Konten Kreatif di Media Sosial) yang dimoderatori oleh Dr. Muhammad Fadli Ramadhan, M.Pd.

“Bahasa Arab bisa menghasilkan cuan, sehingga masih banyak hal-hal yang bisa kita kulik dengan Bahasa Arab melalui konten salah satunya dengan media Youtube, namun tetap konten yang dibangun harus dibingkai dengan menarik”, ungkap Faruq.

Selain itu Rahadi juga menyampaikan “Seharusnya ketika seseorang ingin aktif di media sosial harus ajeg (berkelanjutan) dan harus memiliki plan (rencana) agar bisa terbaca oleh algoritma sosial media, memahami target audience, penentuan jenis & tema konten, perhatikan karakter bahasa”.

Sehingga menanggapi tema ini, para mahasiswa PBA UMM harus siap dengan perkembangan zaman di era digital yang bisa diolah dengan apik, asyik, menyenangkan, edukatif, rekreatif, yang tak kalah penting bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. [ATy]

Shared: