BERTAJUK IDE & KREATIVITAS BISNIS PENERJEMAHAN BAHASA ARAB : PBA UMM GELAR TALK SHOW CENTER OF EXCELLENT & MoA

Jum'at, 25 Agustus 2023 01:54 WIB

PBA UMM News – Memiliki ide atau gagasan yang bagus merupakan hal yang brilliant, terlebih jika ide tersebut menarik para donator untuk memberikan saham kepada para pemilik ide untuk membangun bisnis. Tentunya ini merupakan hal yang tidak mudah untuk dilakukan oleh para penggiat usaha. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang mengadakan talk show bertajuk ide dan kreativitas dalam bisnis penerjemahan Bahasa Arab (19/8). Kegiatan ini dilaksanakan di ruang meeting Dormy UMM yang diikuti oleh seluruh mahasiswa program Center Of Excellent (CoE) Penerjemah Bahasa Arab.

Kegiatan ini terbagi menjadi tiga termin. Pertama, pembukaan dan penandatangan nota kesepahaman atau MoA dengan agensi penerjemahan Katagonia dan CMM Translation. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan II Dr. Saiful Amin, M.Ag

Kedua, talk show paralel dan tanya jawab dengan pemateri Sony Novian (Co-Founder Katagonia Language Solution), Rika Agusmelda (Managing Director CMM Translation), dan Dewantoro Ratri (Direktur Main Kata Translation) yang dipandu oleh Dr. Muhammad Fadli Ramadhan, M.Pd. Talk show ini membahasa tentang bagaimana membuka agensi penerjemahan, biaya awal yang diperlukan, administrasi perihal surat-menyurat, recruitment anggota, freelance, dan lain sebagainya.

Termin ketiga, presentasi role play agensi penerjemahan yang terbagi menjadi beberapa tim. Berdasarkan presentasi yang ada, ada 3 tim yang menjadi pilihan terbaik para pemateri. Mereka mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan cindera mata dari para pemateri atau pemilik usaha agensi penerjemahan. Hal in tentunya menambah semangat para mahasiswa yang nantinya saat magang atau selepas lulus dari prodi PBA UMM harapannya bisa membuka agensi penerjemahan.

Semoga bisa menambah wawasan, pengalaman, dan kebermanfaatan, amin. [ATy]

Shared: