CINTA MENULIS, MAHASISWA PBA UMM JUARAI LOMBA KARYA TULIS NASIONAL

Senin, 20 September 2021 02:39 WIB

PBA UMM News - Nurul Khotimah, mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang berhasil meraih juara 1 lomba karya tulis ilmiah di tingkat Nasional. Bersama dengan Mahasiswa Hukum Keluarga Islam UMM Nabila Aprillia Rismara dalam lomba BEM FAI NEON 2021 yang diselenggarakan oleh BEM FAI Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, September 2021.

Berangkat dari melihat realitas ketimpangan keadilan sosial yang terjadi pada masyarakat Indonesia di masa pandemi, keduanya merasa permasalahan ini perlu dibicarakan, yang kemudian dinarasikan dalam bentuk essay dalam lomba karya tulisan ilmiah dengan judul “Konsep Keadilan Sosial Serta Implementasinya pada Masyarakat Indonesia”. Keduanya menggunakan perspektif Pancasila  sila kelima dan Al-Qur’an.

Sosok Mahasiswa yang akrab disapa Nurul in memang menaruh perhatian besar terhadap dunia kepenulisan, menurutnya meski tidak bersuara, namun tulisan memiliki nyawa yang lantang, dan era digitalisasi yang terjadi sekarang ini tetap membutuhkan tulisan untuk menghegemoni perspektif-perspektif yang salah atau keliru.

Walau ini adalah percobaan pertamanya dalam mengikuti lomba karya tulis, Nurul tidak berkecil hati ataupun takut akan kegagalan, baginya mencoba adalah hal yang harus segera dilakukan “ Buat aku dan juga semuanya, yang penting lakuin dulu, atas kemauan diri sendiri, hasilnya jangan dipikirin, karena kita akan stagnan jika tidak berani memulai apapun” Ungkap Nurul saat diwawancarai secara daring, Minggu (19/09).

Selain kegembiraan berhasil meraih juara I, lewat lomba ini Nurul semakin percaya bahwa usaha yang maksimal akan memberikan hasil yang maksimal juga, ia berharap dengan start yang bagus ini dapat mendorong ia untuk menulis lebih baik lagi kedepannya. [MEDJUR_PBA]

Shared: