GURU BESAR BAHASA ARAB PERDANA DI UMM : PROF. Dr. ABDUL HARIS, MA CIPTAKAN MODEL “EMAS” BACA KITAB GUNDUL

Senin, 15 Januari 2024 00:32 WIB

PBA UMM NewsGuru besar atau Profeser meruapakn jenjang karir akademik tertinggi bagi insan akademisi, sehingga layak dan patut disyukuri jika seseorang telah bisa meraih gelar professor. Tidak berbeda dengan Prof. Dr. Abdul Haris, MA yang telah dikukuhkan pada hari Sabtu, 13 Januari 2024 bertempat di Aula Teater Dome. Guru besar bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Arab ini telah menginisiasi model “EMAS” dalam memecahkan permasalahan membaca kitab gundul berbahsa Arab.

“Ada dua problem utama yang menyebabkan problem dalam membaca kitab gundul, yakni kurang kekayaan kosa kata, dan kurang pemahaman terhadah kaidah-kaidah gramatika bahasa Arab yang fungsional”, ujar Abdul Haris. Sehingga muncullah model “EMAS” ini.

  1. E (Expand the vocabularies) yakni perbanyak kosa kata
  2. M (Mastery the Functional Grammar) yakni Kuasai gramatika yang fungsional
  3. A (Apply the Jie Sam Soe (234) analysis) yakni terapkan analisis Jie Sam Soe
  4. S (Support with more exercises) yakni bantu dengan banyak laithan

Sehingga dengan adanya model “EMAS” ini, seseorang yang belajar Bahasa Arab, khususnya dalam membaca kitab gundul lebih bisa mengaplikasikan dalam praktik berbahasa Arab di manapun dan kapanpun berada. Semoga dengan adanya model belajar “EMAS” ini dapat menambah dan memperkuat kebahasaaaraban seseorang untuk terus meningkatkan skill dalam berbabahasa Arab [ATy]  

Shared: