HARI BAHASA ARAB INTERNASIONAL (HBAI) PBA UMM : SALAH SATU SARANA PEMBENTUK KARAKTER KEDEWASAAN & PENGETAHUAN

Selasa, 19 Desember 2023 20:36 WIB

PBA UMM NewsTanggal 18 Desember merupakan hari Bahasa Arab internasional (HBAI). United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan pada tanggal 18 Desember sebagai hari Bahasa Arab sedunia berdasar kesepakatan kesepakatan dari dua negara anggota UNESCO yakni Maroko dan Saudi Arabia. Bahasa Arab menjadi bahasa di urutan ke-6 dalam urutan bahasa internasional di antara 22 negara lainnya karena pada tanggal 18 Desember pada tahun 1973 bahasa Arab telah resmi terdaftar menjadi bahasa internasional yang ditetapkan oleh UNESCO.

Himpunan mahasiswa program studi (HMPS) Pendidikan Bahasa Arab Universistas Muhammadiyah Malang bekerja sama dengan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab mengadakan beberapa lomba seputar Bahasa Arab untuk mensupport HBAI selama kurang lebih 1 bulanan berlangsung seperti : lomba Debat Bahasa Arab, Qiroa’ah al-Syi’ir dan Khitobah guna memperingati hari Bahasa Arab internasional.

Ketua himpunan mahasiswa program studi (HMPS) Pendidikan Bahasa Arab, Lazuardi Tahta mengatakan jika tujuan dari diadakannya kegiatan HBAI ini merupakan untuk mengeksplorasi minat dan bakat mahasiswa Program studi Pendidikan Bahasa Arab untuk persiapan menuju dekan cup. Dengan di adakannya kegiatan ini, diharapkan bisa membantu meningkatkan motivasi bagi mahasiswa PBA khususnya untuk mengetahui serta bisa mengembangkan minat dan bakatnya masing-masing.

Puncak perayaan kegiatan HBAI diadakan pada 18 Desember 2023 di aula Student Center lantai 3 UMM. Kegiatan tersebut diprologi oleh sekretaris prodi PBA Lailatul Mauludiyah, SS., M.Pd dan ditutup oleh Wakil Dekan II Dr. Saiful Amien, M.Pd “kegiatan ini dapat meningkatkan kecakapan dan percaya diri dalam berbahasa Arab”, ucapnya. Selain itu ia juga menambahkan bahwa kuliah membentuk pengetahuan, sedang organisasi membentuk kedewasaan.

Setelah diadakannya acara ceremonial, dilanjutkan dengan talk show “refleksi dan pengalaman di dunia industry yang diisi oleh Dr. Muhammad fadli Ramadhan, M.Pd., serta 3 mahasiswa magang dari beberapa unsur yaitu Mu’afa Amrullah (magang internasional), Zimmy Altasah (magang CoE), dan M. Bilal Rusady (magang reguler).

Semoga dengan diadakannya kegiatan Hari Bahasa Arab Internasional menjadikan mahasiswwa lebih giat lagi dalam kegiatan akademik dan non akademik, serta dapat menambah pengalaman tentang skill kebahasaaraban. [Medjur Team & ATy]

Shared: