KEWIRAUSAHAAN DALAM DUNIA PENERJEMAHAN : PBA UMM GELAR KULIAH TAMU

Jum'at, 18 Agustus 2023 23:58 WIB

PBA UMM News – Berwirausaha merupakan salah satu jalan untuk mencari rezeki. Tak hanya berdagang, berbahasa juga bisa menjadi celah dalam menghasilkan uang. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang mengadakan kuliah tamu tentang berwirausaha dalam penerjemahan yang diadakan secara hybrid (Offline di aula Gedung Kuliah Bersama – GKB IV lantai 4) dan online melalui streaming (18/8). Kegiatan dilakukan dalam tiga sesi, pertama Pembukaan yang dibuka oleh Wakil Dekan II Dr. Saiful Amin, M.Ag “acara ini bagus sekali, para mahasiswa bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, tidak hanya untuk magang namun untuk networking”, ucap Wadek II.

Kedua, kuliah tamu sesi I dengan pemateri Sony Novian (Co-Founder Katagonia Language Solution) dengan tema “membangun usaha jasa Bahasa” yang dimoderatori Mochammad Firduas, M.Ed. (Kaprodi PBA FAI UMM). Bahwa dalam membangun usaha harus banyak bermimpi dan berkhayal namun tetap logis sesuai kemampuan dan kapasitas serta harus difikirkan secara mendalam positif dan negatif terkait usaha jasa tersebut.

Ketiga, kuliah tamu sesi II dengan pemateri Rika Agusmelda (Managing Director CMM Translation) yang dipandu oleh Anisatu Thoyyibah, S.Hum., M.Hum (dosen PBA FAI UMM) dengan tema “Branding dan networking dalam pengembangan usaha bahasa”. “Untuk membangun bisnis itu harus memiliki branding dan networking yang baik, serta tau pangsa pasar baik dari partner, calon competitor, dan sebagainya”, tandas Rika.

Semoga materi-materi terkait kewirausahaan di dunia usaha penerjemahan dapat menambah khazanah pengetahuan untuk mahasiswa Center Of Excellent (CoE) dalam membangun bisnis di kemudian hari, amin. [ATy]

Shared: