PBA UMM GELAR UJIAN KOMPREHENSIF PERDANA, MAHASISWA PBA’ 18 SIAPKAN AMUNISI TERBAIKNYA

Selasa, 25 Januari 2022 02:33 WIB

PBA UMM News – Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengadakan Ujian Komprehensif perdana. Ujian ini berlangsung selama 2 hari dimulai dari hari Rabu-Kamis 19-20 Januari 2022 bertempat di Ruang kelas  407 dan 408 Gedung Kuliah Bersama (GKB) 4 UMM. Sebanyak 49 mahasiswa yang seluruhnya merupakan mahasiswa PBA angkatan 18 terlihat antusias mengikuti ujian. Berpakaian resmi hitam putih lengkap dengan jas merah UMM, para peserta memasuki ruang ujian masing-masing dengan tertib dan terartur.

“Ternyata ujian komprehensif tidak semenakutkan yang saya bayangkan”, ungkap Nurul Muthaharaini salah satu Peserta Ujian Komprehensif dari kelas A. Ia juga berpesan kepada adik-adik angkatan 19 dan seterusnya agar mempersiapkan diri dan amunisi terbaik dengan  semangat belajar agar mendapatkan hasil yang optimal di setiap ujian mata kuliah.

Perlu diketahui Ujian komprehensif merupakan salah satu agenda prodi PBA UMM berupa ujian akhir yang harus diikuti oleh mahasiswa setelah lulus seluruh mata kuliah, kecuali Kuliah Kerja Nyata (KKN). Ujian dimaksud untuk mengevaluasi penguasaan mahasiswa terhadap ilmu seputar keislaman, kemuhammadiyahan, ilmu kebahasaan yang mencakup tiga maharah (qira’ah, kitabah, istima’), dan praktik mengajar berupa micro teaching.  Pelaksanaan ujian komprehensif dapat mengukur pencapaian pembelajaran baik capaian belajar di tingkat program studi maupun capaian yang bersifat khusus sebagai identitas perguruan tinggi. [ATy & Medjur Team]

Shared: