Pelaksanaan 5th ALAFEST 2022 Full Online, “Dengan Bahasa Arab Kita Warnai Peradaban Digital”

Senin, 21 Maret 2022 13:54 WIB

Pelaksanaan 5th ALAFEST 2022 Full Online, “Dengan Bahasa Arab Kita Warnai Peradaban Digital”


Grand Opening 5th Alafest yang dihadiri oleh Perwakilan Rektor, Wakil Dekan FAI dan dosen PBA

Malang, 07 - 08 Maret 2022 – Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Malang telah sukses menyelenggarakan kegiatan rutin tahunan yaitu Arabic Language Festival (ALAFEST) yang kelima. Acara ini merupakan perayaan milad Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang sudah didirikan sejak tahun 2014 lalu. Acara ini berlangsung selama dua hari, dimulai dari hari Senin, tanggal 07 Maret 2022 dan berakhir pada hari Selasa, 08 Maret 2022.

Mengusung tema “Dengan Bahasa Arab Kita Warnai Peradaban Digital”, acara ini dimaknai bahwa sudah saatnya kita menyiarkan Bahasa Arab secara global di era digital, mengikuti perkembangan teknologi. Melalui serangkaian perlombaan yang diselenggarakan secara online, diharapkan Alafest tahun ini dapat menjadi salah satu cara atau sarana penyebaran bahasa Arab di era serba digital saat ini.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, acara 5th Alafest dimeriahkan dengan serangkaian perlombaan siswa tingkat nasional dan beberapa penampilan. Beberapa cabang lomba yang dibuka pada Alafest tahun ini antara lain Membaca Kitab Kuning, Membaca Puisi Bahasa Arab, Menyanyi Bahasa Arab, Olimpiade Bahasa Arab, Pidato Bahasa Arab, dan Membaca Berita Bahasa Arab yang semuanya diselenggarakan secara online, mulai dari Technical Meeting, pengumpulan karya, hingga pelaksanaan lomba.

Meski diselenggarakan secara daring, terbukti antusiasme siswa mengikuti event tahun ini tetap besar. Dapat dilihat dari jumlah peserta yang menyentuh angka 200 dan diikuti oleh sekolah-sekolah secara nasional. Antusiasme official juga dapat dilihat dari keaktifan mereka saat mengikuti technical meeting dan menanyakan berbagai hal teknis terkait perlombaan. 

Pada Grand Opening 5th Alafest, acara ini dihadiri oleh Asisten Wakil Rektor 3, bapak Dr. Drs. Joko Widodo, M,Si., Wakil II Dekan FAI, bapak Saiful Amien, M.Pd., Wakil III Dekan FAI, bapak Imamul Hakim, M.Sh., serta jajaran dosen Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Malang. Kegiatan 5th Alafest dibuka secara simbolis oleh bapak Dr. Drs. Joko Widodo, M,Si. dengan didampingi oleh para Wakil Dekan FAI dan Kepala Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, bapak Mochammad Firdaus, M.Ed. Acara Grand Opening ditutup dengan penampilan fashion show oleh beberapa mahasiswi Pendidikan Bahasa Arab.


Pemotongan tumpeng oleh Bapak Joko Widodo

Seluruh kegiatan pada 5th Alafest diselenggarakan secara online, mulai dari perlombaan hingga acara pembukaan dan penutupan 5th Alafest. Kegiatan dilangsungkan di Aula lantai 9 GKB IV Universitas Muhammadiyah Malang dan disiarkan serta disaksikan langsung melalui Streaming Youtube Channel ALAFEST PBA UMM. Seluruh peserta mengikuti rangkaian kegiatan secara daring dan hanya panitia saja yang berada di lokasi. Muhan Fatih Al Hikmi, sebagai ketua pelaksana 5th Alafest mengungkapkan bahwa terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan Alafest tahun ini. “Kendalanya antara lain terjadinya salah paham antar panitia dan kurangnya pemahaman official peserta dalam memahami jadwal dan teknis perlombaan yang sudah dibagikan.”

Meski begitu, Muhan mengatakan bahwa keseluruhan acara berjalan dengan lancar dan dapat di-handle dengan baik. Muhan mengakhiri kalimatnya dengan harapan bahwa Alafest dapat terus berkembang setiap tahunnya dengan inovasi-inovasi baru. Dia juga berharap agar kepanitian selanjutnya dapat memperbaiki kesalahan yang terjadi pada gelaran Alafest di tahun-tahun sebelumnya.

Alafest tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya membawa peran bagi para siswa untuk lebih mencintai bahasa Arab sekaligus ajang promosi program studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Malang. Semoga niat baik dan ikhtiar kita mendapat ridho Allah dan dimudahkan untuk segala urusan, aaamiiin. PBA jaya!

Shared: