PENGUATAN MENTAL & KARAKTER MAHASISWA DI ERA DIGITAL : PBA UMM AWALI TAHUN AJARAN BARU DENGAN KULIAH PERDANA

Rabu, 18 September 2024 05:42 WIB

PBA UMM News – Tahun ajaran baru semangat baru untuk semua lini civitass akademika terkhusus di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang mengadakan kuliah perdana pada tahun ajaran 2024-2025 bagi seluruh mahasiswa aktif prodi. Kegiatan kuliah bersama bertempat di Aula Gedung Kuliah Bersama (GKB) IV lantai 4 (17/9).

Tema kuliah perdana kali ini yaitu “Pengembangan Karakter Mahasiswa Di Era Digital – Menjaga Keseimbangan antara Teknologi dan Kemanusiaan” dengan pemateri Ilhamuddin Nukman, S.Psi., M.A (Trainer dan Founder Pengembangan Performa Puncak Indonesia atau Peak Performance) dengan moderator Dr. Achmad Tito Rusady, SS., M.Pd

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Dekan I (Dr. Saiful Amien, M.Pd), dan dihadiri para dosen di lingkungan prodi PBA UMM.

“Pendidikan itu sebenarnya memanusiakan manusia (humanisme), jika dalam bahasa Islam disebut dengan akhlak, dalam bahasa Indonesia disebut dengan etika”, tutur Amien.

Sehingga salah satu ciri orang yang memiliki akhlak baik ialah sudah tidak memikirkan apapun yang dia lakukan kecuali hanya untuk kebaikan.

Menurut Ilham, ada lima peran yang seyogyanya dimiliki oleh mahasiswa seperti pemimpin masa depan, agen perubahan, agen dari sosial kontrol, penjaga nilai, dan kekuatan moral.

Selain itu ada empat modalitas yang seharusnya dimiliki oleh para mahasiswa seperti kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan sosial, dan kecerdasan spiritual.

“Tidak ada sesuatu yang terjadi dengan tiba-tiba, semua tergantung mindset atau pola pikir. Sehingga jika kamu merubah sudut pandangmu terhadap sesuatu, maka akan berubahlah sudut pandang tersebut”, ujar Ilham.

Oleh karenanya menjadi mahasiswa itu harus berdaya, berkarya, berdampak, dan berbudaya. [ATy]  

Shared: