SKEMA TUGAS AKHIR : PBA UMM TELURKAN LULUSAN PRODI DARI JALUR TAHFIDZUL QUR’AN

Jum'at, 17 Mei 2024 23:57 WIB

PBA UMM NewsTugas Akhir menjadi salah satu syarat untuk menjadi seorang lulusan baik di tingkat Strata I (S1), Strata II (S2), dan Strata III (S3). Tidak terkecuali di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang juga terdapat skema tugas akhir yang beraneka ragam, seperti jalur skripsi, jurnal, portofolio Center of Excellence, tahfidzul qur’an, dan sebagainya.

Pada kesempatan ini, prodi PBA FAI-UMM telah meluluskan mahasiswanya dari jalur tahfidzul qur’an atas nama Mu’afa Amrullah (Angkatan 2020). Sidang tugas akhir atau munaqasyah dilaksanakan di Ruang Sidang Fakultas Agama Islam – UMM, Gedung Kuliah Bersama (GKB) III Lantai 5 (17/5).

Bertindak sebagai pembimbing yaitu Murdiono, S.S., M.Pd.I, serta Manzilur Rahman Romadhan, S.Kom (Penguji 1 dari eksternal “Ha’iah Tahfidz Qur’an (HTQ) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang”), dan Dr. Achmad Tito Rusady, S.S., M.Pd (Penguji II). Mua’afa sapaannya, menghafal 5 juz sejak mengeyam pendidikan di UMM (hal ini juga menjadi prasyarat untuk mengikuti skema ini). Ia menuntaskan tugas akhirnya dengan menghafal 5 juz dalam al-qur’an yaitu juz 1, 15 & 16 (masing-masing setengah juz), 28, 29, dan 30.

Adapun aspek penilaian yang dinilai dalam ujian tersebut ialah “hafalan, tajwid, makharijul huruf, dan kandungan ayat yang dihafalkan”. Sehingga selain menghafal, mahasiswa juga harus mengerti kandungan atau maksud dari ayat-ayat al-qur’an yang dihafalkan.

Semoga banyak dari mahasiswa-mahasiswa PBA nantinya yang kan mengambil skema tugas akhir jalur tahfidzul qur’an dan tetap istiqomah di jalanNya, amin. [ATy]  

Shared: