YA HAJ-HAJ JUS TSANI : PBA UMM GELAR KEMAH BAHASA YANG ASYIK, REKREATIF, DAN EDUKATIF

Minggu, 21 Januari 2024 22:16 WIB

PBA UMM News – Pada tanggal 15-17 Januari 2024 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang menyelenggarakan kemah bahasa Arab yang berkonsep outdoor dengan nama "Ya Haj Haj" di Bumi Perkemahan Dusun Sahabat Alam, Desa Lasah, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Acara ini dirancang tidak hanya menyajikan pembelajaran bahasa Arab, tetapi juga membangun kemandirian, keberanian, kreativitas, dan rasa kekeluargaan di kalangan mahasiswa PBA UMM.

Hari pertama, setelah mahasiswa dating ke lokasi menggunakan kendaraan TNI, pada siang hari diadakan kuliah tamu bertema pendidikan inklusi. Pada malam hari dilakukan pembukaan kegiatan "Yahajhaj" dihadiri oleh Imamul Hakim, SE., M.Sh selaku Wakil Dekan III Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang, yang dengan resmi membuka acara tersebut. Dilanjutkan dengan sharing session bersama alumni PBA yang inspiratif memberikan wawasan berharga kepada mahasiswa.

Hari kedua, terdapat kajian Subuh oleh Ahmad Fatoni, Lc., M.Ag, walaupun kegiatan dilakukan pada saat kondisi peserta masih banyak yang mengantuk, namun memberikan sentuhan spiritual dan jenaka di waktu fajar. Saat matahari sudah mulai terbit, diadakan senam pagi dengan instruktur yang energik dan seru, kegiatan outbound, dalam rangka memperkuat semangat dan keterlibatan mahasiswa.

Pada siang hari dilakukan Sharing Session dengan kaprodi dan Sekprodi PBA UMM. Dilanjutkan pada malam hari dengan Pensi Bahasa Arab menjadi highlight dengan setiap kelompok menampilkan beragam seni berbahasa Arab, termasuk Ghina Arabiy, Qiroatu Syi'i, Drama, dan Parodi debat capres dan cawapres. Ada juga kelas multimedia menambah dimensi dengan nonton bareng film berbahasa Arab, diikuti oleh narasi mahasiswa secara acak.

Pada malam terakhir, acara diakhiri dengan "jerit malam" yang menantang peserta melalui pos-pos pembelajaran bahasa Arab seperti Nahwu, Sharaf. Pada hari terakhir, penutupan dilakukan dengan pemberian penghargaan, termasuk pensi terbaik, peserta aktif menggunakan bahasa Arab, dan panitia terbaik.

Dengan demikian, "Ya Haj Haj" tidak hanya menjadi sarana pembelajaran bahasa Arab yang inovatif, tetapi juga sebuah peristiwa yang memperkuat solidaritas dan prestasi di antara mahasiswa PBA UMM. [Medjur & ATy]  

Shared: