VISI DAN MISI PROGRAM STUDI

Kerealistikan Visi Keilmuan dan Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Malang

Visi Keilmuan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Malang sangat realistik untuk tercapai ditunjukkan dengan adanya daya dukung Sumber Daya Manusia, Kurikulum, Kemitraan dan Kerjasama, Prasarana dan Sarana sebagaimana berikut;

  1. Pada tahun 2023 terdapat satu dosen yang telah mencapai Jenjang Jabatan Akademik Profesor/ Guru Besar dalam bidang pembelajaran bahasa Arab yakni Prof. Dr. Abdul Haris, MA
  2. Terdapat satu tenaga dosen yang menjadi fasilitator sekolah penggerak yakni Lailatul Mauludiyah, S.S., M.Pd.I.
  3. Terdapat dua dosen alumni Khartoum International Institute for Arabic Language yakni Prof. Dr. Abdul Haris, MA dan Mochammad Firdaus, M.Ed.
  4. Kurikululum Program Studi Pendidikan Bahasa Arab meliputi kompetensi utama dan kompetensi pendukung.

Kompetensi utama mencakup;

    1. Pengembangan Kepribadian: memiliki kepribadian yang unggul, stabil, dewasa, arif, berwibawa, dan berakhlak mulia sehingga dapat menjadi teladan bagi peserta didik.
    2. Kompetitif: memiliki kemampuan menganalisis berbagai persoalan dalam Pendidikan Bahasa Arab dan memiliki keterampilan dalam melakukan publikasi karya ilmiyah.
    3. Keilmuan dan Keterampilan: mampu dalam mengelola, merancang dan melaksanakan pembelajaran yang berkualitas berbasis teknologi.
    4. Sosial: kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat yang bersikap inklusif, bertindak obyektif, dan mampu beradaptasi serta berkomunikasi secara efektif dengan warga sekolah dan warga masyarakat.

Kompetensi pendukung mencakup;

    1. Kemampuan mahasiswa dalam membina pengamalan ajaran Islam
    2. Kemampuan mahasiswa dalam berbahasa Inggris.
    3. Kemampuan dalam memanfaatkan ICT untuk mengkaji dan mengembangkan ilmu-ilmu kebahasaaraban.
  1. Kurikululum Program Studi Pendidikan Bahasa Arab mengintegrasikan teknologi dalam kurikulum dengan memasukkan elemen teknologi dan informasi ke dalam setiap mata kuliah dan kegiatan pembelajaran.
  2. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab telah membangun kerjasama dengan industri untuk mendukung penelitian dan pengembangan dalam implementasi teknologi dan informasi dalam pengajaran bahasa Arab.
  3. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab telah membangun kerjasama dengan institusi pendidikan baik nasional maupun internasional dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Terdapat sarana dan prasarana yang memadai yakni; satu Laboratorium Bahasa dan dua Laboratorium Microteaching.
Shared: